PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IX SMP NEGERI 10 PEMATANG SIANTAR T.A 2022/2023

Penulis

  • Rotua Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Anton Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Debi Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Model Discovery Learnig, Hasil Belajar IPS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IX SMP Negeri 10 Pematang Siantar T.A 2022/2023. Penelitian menggunakan metode quasi exsperimen (eksperimen semu) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Desain ini terdiri dari dua tahap yaitu pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian di kelas IX-3 sebanyak 31 orang siswa dan IX-4 sebanyak 31 orang siswa. Instrument penelitian yang diguanakan yaitu tes hasil belajar. Dari hasil analisis yang dilakukan pada kelas eksperimen dengan nilai skor rata-rata pretest sebesar 51,67 dan posttest sebesar 85,80. Sedangkan di kelas control dengan nilai skor rata-rata pretest sebesar 48,58 dan nilai skor rata-rata posttest sebesar 75,87. Hasil pengujian hipotesis menggunakan independent sampe t-test memperoleh Sigα sebesar 0,000. Karena Sig α < 0,05 (0,00 < 0,05) maka Ho ditolak. Sehingga Ha diterima dari sini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe discovery learning berpengaruh dan baik digunakan dalam pembelajaran.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-04-28