PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 122371 PEMATANG SIANTAR

Penulis

  • Juli Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Muktar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Yanti Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

Kata Kunci:

Media Permainan Monopoli, Hasil Belajar

Abstrak

: Tujuan penelitian ini  dilakukan  adalah untuk mengetahui pengaruh Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimental design dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Jumlah sampel  ini adalah seluruh siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar yang berjumlah 21 orang  siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian test dan observasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil data diketahui ttabel  sebesar 2,093, thitung  sebesar 11,498 signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar.. Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-04-28