PENGARUH MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA KEBERAGAMAN SUKU BANGSA DAN AGAMA DI NEGERIKU SISWA KELAS IV UPTD SD NEGERI 122371 PEMATANG SIANTAR
Kata Kunci:
Media Permainan Monopoli, Hasil BelajarAbstrak
: Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis Pre-Eksperimental design dengan menggunakan desain One Group Pretest Posttest Design. Jumlah sampel ini adalah seluruh siswa kelas IV di UPTD SD Negeri 122332 Pematang Siantar yang berjumlah 21 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pemberian test dan observasi. Data penelitian di analisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil data diketahui ttabel sebesar 2,093, thitung sebesar 11,498 signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh Media Permainan Monopoli Terhadap Hasil Belajar Pada Subtema Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 122371 Pematang Siantar.. Hal ini menunjukkan Ha diterima dan Ho ditolak.