Penerapan Metode Project Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi
Kata Kunci:
Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Project Based LearningAbstrak
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar mahasiswa melalui npenerapan metode Project Based Learning pada mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, Dosen dan melibatkan keaktifan belajar mahasiswa. Subjek penelitian mahasiswa PGSD semester ganjil T.A. 2020/2021 yang berjumlah 27 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket sederhana. Prosedur penelitian meliputi tahap: (a) perencanaan tindakan, (b) pelaksanaan tindakan, (c) observasi dan interpretasi, dan (d) analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan metode Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar. Penerapan penerapan metode Project Based Learning dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Pada siklus I skor tertinggi dicapai oleh mahasiswa yaitu 96 dan skor terendah 68, tuntas belajar kasikal yaitu 55% dan daya serap klasikal yaitu 81,1%, sedangkan pada siklus II tuntas belajar klasikal yaitu 80% dan daya serap klasikal yaitu: 85,65%. Pada presentase nilai rata-rata kesiapan dan aktivitas dosen dalam pertemuan pertama yaitu sebanyak 68,75% dan pertemuan kedua presentase nilai rata-ratanya adalah 78,12%. Presentasi nilai rata-rata kesiapan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran pada pertemuan pertama yaitu 62,5% dan pertemuan kedua presentase nilai rata-ratanya adalah 79,16%.Kesimpulan hipotesis dapat diterima.