Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Dan Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Swasta Kalam Kudus Pematangsiantar.
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Artikulasi, Model Nomber Head Together, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi dan Model Pembelajaran Numbered Head Together Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Swasta Kalam Kudus Pematangsiantar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan yang menjadi populasi ini seluruh siswa kelas IV SD Swasta Kalam Kudus Pematangsiantar. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV-3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 25 orang dan kelas IV-4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 orang. Instrument yang digunakan adalah berupa tes hasil belajar siswa, yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan siswa terhadap materi pelajaran. Dalam pengujian hipotesis digunakan uji statistik uji “t” hasil perhitungan tersebut diperoleh thitung > ttabel pada taraf α = 0,05 dengan dk = (n1 + n2-2) = 25+25-2 = 48 yakni (3,78>2,012) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar dalam pelajaran IPS bila guru menggunakan Model Pembelajaran Artikulasi dibandingkan dengan menggunakan model Numbered Head Together dalam proses belajar mengajar di kelas IV-3 dengan IV-4 SD Swasta Kalam Kudus Pematangsiantar.