https://jurnal.uhnp.ac.id/jp2ns-uhnp/issue/feed Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar 2024-08-27T09:36:15+00:00 Dr. Natalina Purba, S.Sos, M.Pd. lppm@uhnp.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS) dikeloladan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang memuat artikel-artikel dari berbagai disiplin ilmu</p> https://jurnal.uhnp.ac.id/jp2ns-uhnp/article/view/447 DAMPAK PERMAINAN SCRABBLE DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN KOSAKATA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SMP NEGERI 2 TANAH JAWA 2024-08-27T08:10:51+00:00 Angelin Elisa Novita Hutahaean angelinnovita8@gmail.com Imelda Sabrina Sibarani imeldasabrina22@gmail.com Olive Dwi Nera dwineraolive@gmail.com Febbi Naomi Siahaan febbinaomisiahaaan@gmail.com Selfrina Sipayung selfrinabrsipayung@gmail.com Veby Lorina Siboro vebylorina@gmail.com Yuri Simanihuruk yurimanihuruk@gmail.com Imelva Anggraini Sinaga imelvaanggrenisinaga@gmail.com Pioni Pebi Anjani Simanjuntak pionipebianjanisimanjuntak@gmail.com Sandrina Gema Maria Simamora simamorasandrina@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah membantu siswa dengan memasukkan permainan papan scrabble ke dalam pelajaran kelas dan membuat kosakata Bahasa Inggris mereka menjadi lebih banyak. Kegiatan ini diselenggarakan di salah satu SMP Negeri 2 Tanah Jawa dan ditujukan untuk siswa kelas VIII-10. Metode yang digunakan terdiri dari teori dan praktik. Pembelajaran inovatif dengan permainan scrabble dan kemampuan peserta didik untuk menggunakan permainan scrabble untuk menambah kosakata mereka dalam Bahasa Inggris adalah hasil dari pelatihan ini.</span> </p> 2024-08-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Angelin Elisa Novita Hutahaean, Imelda Sabrina Sibarani, Olive Dwi Nera, Febbi Naomi Siahaan, Selfrina Sipayung, Veby Lorina Siboro, Yuri Simanihuruk, Imelva Anggraini Sinaga, Pioni Pebi Anjani Simanjuntak, Sandrina Gema Maria Simamora https://jurnal.uhnp.ac.id/jp2ns-uhnp/article/view/448 PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS TEMA HEWAN KELAS 3 SD NEGERI 124398 2024-08-27T08:47:57+00:00 Imelda Sabrina Sibarani imeldasabrina22@gmail.com Ade Love Tiara Junika Damanik adelovetiarajunikadamanikade@gmail.com Nurintan Hutapea nurintanhutapea748@gmail.com Sarfika Saragih Sarfikasaragih668@gmail.com Anita Lasmaria Rajagukguk candyligtt44@gmail.com Ester Suryani suryaniester7@gmail.com Meliza Azhari melijasitanggang@gmail.com Ade Shoviyah Grace Purba adeshoviyah@gmail.com Zetty Maharani zettymaharani2@gmail.com Melani Miranda Manik melanimanik2112@gmail.com <p><span class="fontstyle0">Pembelajaran media adalah suatu proses penyampaian informasi dan pembelajaran yang menggunakan berbagai media sebagai alat bantu. Media tersebut dapat berupa media visual, audio, audiovisual, dan interaktif. Media permainan berbasis kartu bergambar hewan merupakan alat bantu pembelajaran yang efektif dan bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang hewan. Permainan ini dikemas dengan cara yang menarik dan interaktif, sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar anak. Tujuan pengabdian ini di tujukan untuk membantu siswa di sekolah dasar SD Negeri 124398 Siantar Timur untuk meningkatkan keterampilan berbahasa inggris pada siswa kelas 3 dengan menggunakan metode permainan kartu Bahasa Inggris.</span> </p> 2024-08-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Imelda Sabrina Sibarani, Ade Love Tiara Junika Damanik, Nurintan Hutapea, Sarfika Saragih, Anita Lasmaria Rajagukguk, Ester Suryani, Meliza Azhari, Ade Shoviyah Grace Purba, Zetty Maharani, Melani Miranda Manik