SOSIALISASI TENTANG PENILAIAN AUTENTIK BAGI GURUGURU SD NEGERI 122358 PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • CANNI LOREN SIANTURI
  • LEONITA MARIA EFIPANIAS MANIHURUK
  • ESTI MARLINA SIRAIT
  • MARNALA PANGARIBUAN
  • HARDIYANTI SILAEN
  • OSCO PARMONANGAN SIJABAT

Kata Kunci:

Penilaian, Autentik, Kinerja, Produk, Proyek, Portofolio

Abstrak

Masalah umum yang dihadapi guru khususnya ketika berbicara tentang penilaian adalah adalah kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan dan menyusun bentuk- bentuk penilaian autentik yaitu penilaian kinerja (perfomance assessment), penilaian produk (product assessment), penilaian proyek (project assessment), penilaian afektif (affective assessment), dan penilaian portofolio (portfolio assessment). Kegiatan sosialisasi dalam bentuk pelatihan tentang cara penilaian authentik bagi guru-guru melalui pengamatan terhadap sikap, pengetahuan, dan keterampilan bertujuan untuk mengembangkan bentuk bentuk penilaian yang menjadi tuntutan dalam mengimplemetasikan kurikulum 2013. Dari hasil kegiatan pelatihan ini dapat disimpulkan secara umum peserta mengemukakan bahwa kegiatan pelatihan ini memberikan pemahaman baru kepada para guru khususnya dalam penilaian autentik khususnya penilaian kinerja dan penilaian sikap. Hal ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan ini telah memberikan dampak positif kepada guru-guru di SD Negeri 122358 Pematangsiantar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-24