PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERORIENTASI PADA AKTIVITAS SISWA DI SMK SWASTA TELADAN TANAH JAWA
Kata Kunci:
Strategi, Aktivitas, Konvensional, Prestasi BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil penerapan strategi pembelajaran berorientasi aktvitas siswa apakah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pelajaran Akuntansi kelas XI SMK Swasta Teladan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 72 orang. Instrumen yang digunakan adalah berupa hasil tes belajar siswa. Tes hasil belajar bertujuan untuk mengukur tingkat prestasi belajar siswa terhadap materi pelajaran. Dari hasil eksperimen dilakukan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Akuntansi yang diajar guru dengan menggunakan strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa, dengan Strategi Pembelajaran Konvensional dalam proses belajar mengajar di kelas XI SMK Swasta Teladan Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Tahun Ajaran 2020/2021.