PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KETUNTASAN BELAJAR IPA KELAS V SD NEGERI 030288 SIDIKALANG
Kata Kunci:
Metode Eksperimen, Ketuntasan BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketuntasan belajar IPA di kelas V SD Negeri 030288 Sidikalang Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan dua siklus mulai dari tindakan perencanaan sampai refleksi atas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode eksperimen dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I rata-rata hasil observasi pengamatan terhadap guru sebesar 60 dan meningkat pada siklus II menjadi 86,25. Sedangkan hasil pengamatan terhadap siswa pada siklus I memiliki rata-rata 57,5 dan meningkat pada siklus II sebesar 85. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pada kondisi awal atau sebelum diberi tindakan terdapat 34 siswa ( 87 % ) yang belum tuntas belajar dan 5 orang ( 13 % ) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 55,51. Pada siklus I terdapat 20 siswa ( 51 % ) yang belum tuntas belajar dan 19 siswa ( 49 %) yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 69,35. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu : terdapat 36 siswa ( 92 % ) yang tuntas belajar dan 3 orang siswa(8 %) yang belum tuntas belajar dengan nilai rata-rata 80,25.