PEMAHAMAN GURU TERHADAP PENILAIAN BERBASIS KELAS DI SMP NEGERI 12 PEMATANGSIANTAR
Kata Kunci:
Pemahaman Guru, Penilaian KelasAbstrak
Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa jauh tingkat pemahaman guruguru
terhadap
penilaian
kelas
di
SMP
Negeri
12
Pematangsiantar.
Populasi
dalam
penelitian
ini
adalah guru-guru guru bahasa inggris di SMP Negeri 12 Pematangsiantar dijadikan
sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode dokumentasi dan metode angket atau kuesioner. Data yang diperoleh
menggunakan analisis deskriptif persentase. Dari hasil analisis persentase dapat diketahui
bahwa pemahaman guru terhadap penilaian di SMP Negeri 12 Pematangsiantar yang
mencakup konsep dasar penilaian, konsep dasar penilaian berbasis kelas, konsep dasar
penilaian otentik, konsep dasar penilaian portofolio dan penerapan penilaian adalah baik
(76,02%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman Guru terhadap
penilaian kelas yang telah dilakukan menunjukkan pemahaman guru guru di SMP Negeri 12
Pematangsiantar mempunyai tingkat pemahaman yang baik. Saran yang dapat dikemukakan
dalam penelitian ini adalah agar dapat mengirimkan guru-guru untuk mengikuti kegiatan
penataran tentang sosialisasi penilaian berbasis kelas.