PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) APPLICATION ON ENGLISH ESSAY WRITING CLASS

Penulis

  • David Berthony Manalu
  • Rudiarman Purba
  • Basar Lolo Siahaan

Kata Kunci:

Masalah, Penilaian Produk, Penilaian Proses, Kemampuan Menulis

Abstrak

Penelitian ini dirancang untuk menemukan pengaruh daripada penerapan pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) terhadap kemampuan mahasiswa didalam menulis essai. Penelitian ini merupakan eksperimen yang dalam pengolahan datanya menggunakan analisa kuantitatif. Subjek yang diteliti adalah mahasiswa semester 5 T.A 2020/2021 FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Sampel yang digunakan masing-masing 40 mahasiswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan didalam penelitian ini adalah tes essai. Hasil penelitian membuktikan bahwa pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis essai. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t (9.38) lebih besar daripada tabel t (2.68) pada level signifikansi 0.05. Dengan menerapkan pembelajaran berbasis masalah, mahasiswa sangat terbantu dalam menuangkan ide-ide yang terorganisir didalam tulisan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-01