UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DI SMK SWASTA TELADAN TANAH JAWA

Penulis

  • Herlina Hotmadinar Sianipar
  • Tumpal Manahara Siahaan
  • Osco Parmonangan Sijabat

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Scramble, Hasil Belajar, Kewirausahaan

Abstrak

Penelitian yang bertolak dari hasil observasi yang telah dilakukan menemukan adanya permasalahan mengenai rendahnya hasil belajar kewirausahaan di kelas XI SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. Pembelajaran pada umumnya masih berpusat pada guru dan banyak menggunakan metode ceramah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Scramble di kelas XI SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR-1 yang berjumlah 35 orang dan subjek penelitian ini adalah model pembelajaran scramble. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa perangkat pembelajaran, lembar observasi, dan tes hasil belajar. Dari analisis data hasil belajar siswa diperoleh bahwa sebelum terjadi penerapan model pembelajaran jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 7 siswa (20%) dengan nilai rata-rata 52 dan pada siklus I jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 15 siswa (42,86%) dengan nilai rata-rata 61,14. Dan pada tes siklus II jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebanyak 30 siswa (85,71%) dengan nilai rata-rata 76. Dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan Model Pembelajaran Scramble dapat meningkatkan hasil belajar kewirausahaan siswa di kelas XI SMK Swasta Teladan Tanah Jawa Tahun Ajaran 2020/2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-01