PENERAPAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA MEDAN

Penulis

  • Faqih Hakim Hasibuan

Kata Kunci:

Metode Pembelajaran, Brainstorming, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar

Abstrak

Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar mahasiswa program studi pendidikan bahasa inggris Universitas Muslim Nusantara (UMN) Alwashliyah Medan”. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muslim Nusantara (UMN) Alwashliyah Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2020 yang berjumlah 36 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar berbentuk esai buatan guru serta lembar observasi untuk merekam peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Dari data hasil observasi aktivitas belajar yang dilakukan menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar mahasiswa dari siklus I ke siklus II. Pada saat siklus I terdapat10 orang (27,78%) mahasiswa yang baik aktivitasnya untuk belajar. Dan pada siklus II aktivitas mahasiswa mengalami peningkatan yang lebih baik menjadi 28 orang (77,78%) mahasiswa yang aktivitas tinggi untuk belajar. Hal ini mengalami peningkatan sekitar 50% dari siklus I. Dari analisis data hasil belajar mahasiswa diperoleh data tes sebelum penerapan dengan skor rata-rata 63,89, sedangkan pada saat tes siklus I skor rata-rata mahasiswa menjadi 75,14 atau terjadi peningkatan sekitar 11,25 poin. Dan pada tes siklus II skor rata-rata mahasiswa menjadi 83,75 atau mengalami peningkatan sekitar 8,61 poin dari siklus I. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Brainstorming Dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2014. Hal ini berarti bahwa metode pembelajaran Brainstorming dapat digunakan sebagai alternatif dalam proses perkuliahan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-01