PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING DENGAN MUATAN IFRS DI SMK NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • Susy Alestriani Sibagariang
  • Osco Parmonangan Sijabat

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Collaborative Learning, IFRS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk buku akuntansi bermuatan International Financial Report Standar (IFRS) sebagai bahan ajar pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan bisnis dan manajemen dan. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang telah dimodifikasi. Tahapan penelitian yang dilakukan mulai dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), sampai tahap pengembangan (develop).

Tahap penyebaran (disseminate) tidak dilakukan karena penelitian pengembangan ini hanya dilakukan sampai pada tahap pengembangan (develop). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini berupa sebuah produk buku akuntansi bermuatan IFRS sebagai bahan ajar pada tingkat SMK khususnya di kelas XI. Hasil perhitungan memperoleh skor persentase 79% dari ahli materi, 80% dari ahli bahasa, dan 90% dari hasil uji coba terbatas, sehingga dari hasil skor tersebut dapat disimpulkan bahwa buku ajar bermuatan IFRS sangat layak digunakan di kelas XI SMK Negeri 1 Pematangsiantar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-09-01