ANALISIS STANDARDISASI LABORATORIUM BIOLOGI DI SMA SWASTA TELADAN PEMATANGSIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.59925/jp2nslppm.v4i2.438Kata Kunci:
Laboratorium, Sarana, Biologi, Sains, PematangsiantarAbstrak
Pendidikan merupakan komponen utama yang dapat memberikan dampak terhadap pembangunan suatu bangsa. Selain itu, pendidikan dapat berdampak pada pembangunan suatu negara. Keberhasilan dalam pendidikan ditunjang dengan fasilitas sarana yang diberikan sekolah. Untuk mengajarkan sains pada masa sekarang, sekolah menengah harus memiliki laboratorium. Berdasarkan data tahun 2023, Pematangsiantar memiliki 36 SMA Negeri dan Swasta. Namun, relatif sedikit sekolah menengah yang membangun dan menggunakan laboratorium sebagai sumber pengajaran. SMA Swasta Teladan Pematangsiantar adalah salah satunya. Berdasarkan kondisi yang telah menggambarkan bahwa laboratorium merupakan sarana penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran sains modern saat ini, oleh karena itu penulis bersemangat untuk mengevaluasi publikasi ilmiah yang bertujuan untuk melihat standardisasi laboratorium biologi di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar. Siswa kelas XI-5 SMA Swasta Teladan Pematangsiantar yang menjadi sasaran dalam peneilitian ini untuk melihat standardsasi laboratorium di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dan strategi sampling purposive. Teknik pengumpulan data dengan non tes berupa angket. Secara spesifik, satu responden tidak menjawab pernyataan nomor 13 dan dua responden tidak menjawab pernyataan nomor 18. Dari data keseluruhan dalam 20 pernyataan mengenai standardisasi laboratorium di sekolah, maka 18 pernyataan mempunyai persentase pada rentang 36,84% - 55,26% dengan kategori cukup baik pada indikator standarisasi laboratorium biologi di SMA Swasta Teladan Pematangsiantar.