SOSIALISASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PEMBELAJARAN DI SD

Penulis

  • Sukardo Sitohang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Desi Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Radode Simarmata Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Maria Barus Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Minar Trisnawati Tobing Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.59925/jp2nslppm.v3i4.403

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD

Abstrak

Guru adalah salah satu unsur di dalam proses mengajar yang mempunyai peranan yang penting dan dianggap bertanggung jawab dengan pencapaian hasil belajar warga belajar (peserta didik) dan tenaga pendidik. Oleh karena itu, seorang Guru dituntut untuk mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif dan bervariatif saat mengajar. Guru yang profesional akan mampu mendorong warga belajar (peserta didik) untuk bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran atau mampu menimbulkan motivasi belajar yang baik dalam diri warga belajar (peserta didik). Bergantung dengan ini maka kegagalan belajar peserta didik di SD Negeri 095191 Lihas mungkin saja karena Guru tidak berhasil dalam memberi pembelajaran yang kondusif. Dengan kondisi tersebut, tim pengabdi Prodi PGSD Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar telah melakukan pengabdian kepada masyarakat di SD Negeri 095191 Lihas. Dimana pengabdian ini bertujuan memberikan sosialisasi tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Pembelajaran bagi guru-guru SD Negeri 095191 Lihas. Pengabdian ini medapat respon yang baik dan diapresiasi oleh Kepala Sekolah SD Negeri 095191 Lihas. Hasil yang diperoleh dari pengabdian ini adalah sebesar 83% perserta menyatakan puas dengan adanya pengabdian ini. Diharapkan dengan kegiatan ini terjalin kerjasama yang baik antara pihak Universitas dan pihak sekolah untuk mengembangkan kualitas guru-guru yang dapat memengaruhi kualitas pendidikan di Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-15