PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA 2 KEBERSAMAN DALAM KEBERAGAMAN KELAS IV SDN 173498 TARABINTANG

Penulis

  • Idawanti Sitohang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Eva Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.59925/jp2nslppm.v3i4.398

Kata Kunci:

Pengaruh, Model Think Pair Share, Hasil Belajar Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman

Abstrak

Adapun tujuan penelitia ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa pada Tema 1 Indahnya Kebersamaan Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Pembelajaran 1 dan 6 kelas IV SD Negeri 173498 Tarabintang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 173498 Tarabintang, Kec. Tarabintang, Kabupaten Humbang Hasundutan dan penelitian ini dilaksanakan pada semester Ganjil tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti karena sekolah ini merupakan sekolah yang memilki siswa yang masih banyak belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian di sekolah tersebut. Model Pembelajaran Think Pair Share berpengaruh terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SDN 173498 Tarabintang. Pada pretest nilai rata-rata kelas yang didapatkan siswa sebesar 46,17 sedangkan pada posttest didapatkan bahwa nilai yang didatkan terjadi peningkatan menjadi 81,83. Setelah melakukan uji paired sampel test di atas di dapat nilai sebesar = 21,097 dengan tingkat signifikasi 0,000 karena probabilitas signifikan jauh lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,000 dan thitung > ttabel maka Ho Di tolak dan Ha di terima. Hal ini menunjukan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 2 Kebersamaan Dalam Keberagaman Kelas IV SDN 173498 Tarabintang

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-15