PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS PADLET TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI JARINGAN HEWAN DIKELAS XI SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.59925/jp2nslppm.v3i4.397Kata Kunci:
Media Pembelajaran, E-Learning, Padlet, Jaringan HewanAbstrak
Penelitian ini dilakulkan untuk mengetahui uji kelayakan media pembelajaran E-Learning berbasis Padlet pada materi jaringan helwan kepada validator ahli yaitu dosen dan guru biologi. Adapun tujuan lainnya dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan meldia pembelajaran ini terhadap hasil belajar serta untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pelmbelajaran E-Learning berbasis Padlet. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE. Hasil uji kelayakan media pembelajaran E-Learning berbasis Padlelt oleh validator ahli diperoleh persentase rata-rata yaitu 95%. Hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis Padlet memiliki nilai yang lebih tinggi dari kelas yang tidak menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis Padlet. Adapun respon siswa terhadap media pelmbelajaran E-Learning berbasis Padlet sebagai media pembelajaran diperoleh kategori sangat baik dengan persentase 88,6%.