EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN SISWA KELAS X SMA SWASTA KAMPUS NOMMENSEN PEMATANG SIANTAR
DOI:
https://doi.org/10.59925/jp2nslppm.v3i4.396Kata Kunci:
Mind Mapping 1, Keterampilan Menulis 2Abstrak
Melihat keefektifan model pembelajaran Mind Mapping pada kemampuan menulis bahasa Jerman Siswa diKelas X SMA Swasta Kampus Nommensen Pematang Siantar. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental dan desain penelitian One Group Pretest-Posttest. Populasi penelitian adalah kelas X SMA Nommensen Pematang Siantar Kampus Swasta yang berjumlah 87 orang. Berdasarkan Teknik Probability Sampling dengan jenis Simple Random Sampling, dihasilkan 22 orang dari populasi yaitu kelas X-3 sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan datanya berupa tes menulis terkontrol. Dengan melaksanakan tahap Pretest, Treatment dengan menerapkan model pembelajaran Mind Mapping dan Posttest maka dihasilkan data penelitian. Rata-rata skor pretest sebesar 51,05 termasuk dalam kategori kurang baik,
kemudian hasil rata-rata posttest sebesar 88,27 termasuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data dengan IBM SPSS for Windows dan uji hipotesis diketahui bahwa model pembelajaran Mind Mapping efektif terhadap keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji Normalized Gain (N-Gain) dengan skor sebesar 0,768 atau setara dengan 76,8%, dimana skor tersebut berada pada kategori efektif. Kemudian berdasarkan uji hipotesis dengan Paired Samples T Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 artinya hasil statistik (T angka keluaran) < statistik tabel (T tabel) berarti Ho ditolak dan H₁ diterima. Dengan demikian model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh dan berada pada kategori efektif terhadap keterampilan menulis bahasa Jerman Siswa Kelas X SMA Swasta Kampus Nommensen Pematang Siantar.