PENGARUH METODE OUTDOOR LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGALKU SISWA KELAS IV SD NEGERI 091287 PANEI TONGAH
DOI:
https://doi.org/10.59925/jp2nslppm.v3i3.388Kata Kunci:
Metode Oudoor Learning, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah metode Outdoor Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran subtema lingkungan tempat tinggalku di SD Negeri 091287 Panei Tongah atau tidak. Ada 2 hipotesis dalam penelitian ini, yaitu (1) ada pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091287 Panei Tongah, dan (2) tidak ada pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 091287 Panei Tongah. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest design. Pengumpulan data dilakukan dengan data dilakukan dengan teknik pemberian tes dan observasi. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa hasil thitung sebesar 15,432 dengan taraf signifikan 0,05. Maka dapat disimpulkan ada pengaruh metode outdoor learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada Subtema lingkungan tempat tinggalku di SD Negeri 091287 Panei Tongah, artinya Ha diterima dan Ho ditolak