PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU KELAS IV SD NEGERI 091450 BAHTONGGURAN
DOI:
https://doi.org/10.59925/jp2nslppm.v3i3.387Kata Kunci:
Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada subtema keunikan daerah tempat tinggalku. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimental dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 0914150 Bahtongguran. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik total sampling semua populasi dijadikan sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang terdiri dari 25 soal pilihan berganda. Analisis data diambil dari hasil pretest dan posttest siswa. Selanjutnya dilakukan analisis data uji normalitas, homogenitas dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada peningkatan hasil belajar siswa diperoleh bahwa thitung 21,113 > t tabel 2,04227, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan pada ranah kognitif siswa antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar ranah kognitif.