PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 091515 BUNTU TURUNAN
Kata Kunci:
Kecerdasan emosional, hasil belajarAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap hasil belajar dalam mata pelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri 091515 Buntu Turunan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini mempergunakkan metode kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi penelitian terdiri dari 34 siswa kelas V, dan seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proporsional stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui penggunaan angket, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana, dengan memperhatikan koefisien determinasi dan uji-t. Berdasarkan analisis tersebut, ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan hasil belajar siswa kelas V di SD Negeri 091515 Buntu Turunan pada Tahun Ajaran 2022/2023, dengan nilai thitung > ttabelĀ (5,879>1,693) dan signifikansi< 0,05 (0,000<0,05). Sehingga dapat ditarik kesimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.