PENINGKATAN BERBAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL BAGI SISWA SD NEGERI No. 095175 PARBUNGAAN
Kata Kunci:
media pembelajaran, audio visual, bahasa inggrisAbstrak
Banyak metode pembelajaran yang digunakan seorang guru seperti metode membaca, menulis, mendengarkan, dan menonton (Hasibuan, 2013). Salah satu cara metode yang paling efektif dan menarik yaitu dengan menggunakan media audio-visual dalam mengenalkan kosakata (Sueni, 2019). Bahasa Inggris merupakan pelajaran wajib yang diberikan oleh setiap sekolah sehingga siswa/siswi memiliki cukup bekal untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi nantinya. Oleh sebab itu, minimnya penggunaan metode pembelajaran yang digunakan khususnya dalam penguasaan kosakata bahasa Inggris di SD Negeri No. 097175 Parbungaan. Latar belakang PKM ini adalah kemampuan berbahasa Inggris siswa SD Negeri No. 095175 Parbungaan yang masih rendah. Tujuan dari pengabdian ini adalah meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa SD Negeri No. 095175 Parbungaan melalui media audio visual. Tahapan Penggunaan Media Audio Visual dalam
Pembelajaran Bahasa Inggris meliputi : 1. Pembelajaran Kompetensi Mendengarkan (Listening Skill) 2. Pembelajaran Kompetensi Berbicara (Speaking Skill) 3. Pembelajaran Kompetensi Menulis (Writing Skill) 4. Pembelajaran Kompetensi Membaca (Reading Skill). Kegiatan pelatihan ini berlangsung dari Kamis sampai Sabtu, tanggal 1-3 September 2022 di SD Negeri No. 095175 Parbungaan. Kegiatan ini diikuti oleh 23 orang. Kegiatan observasi dan evaluasi terhadap siswa SD Negeri No. 095175 Parbungaan dilakukan untuk mengetahui perkembangan siswa setelah kegiatan pengabdian tersebut. Di penghujung kegiatan pengabdian dengan cara memberikan tanya jawab (feedback) secara lisan kepada siswa SD Negeri No. 095175 Parbungaan. Pemanfaatan sarana pembelajaran audio atau visual adalah cara yang baik dalam proses pembelajaran. Tetapi ada baiknya, sekolah-sekolah terutama SD menerapkan penggunaan audio dan visual secara bersamaan. Karena seperti kita ketahui bahwa siswa SD perlu lebih distimulus dibandingkan siswa SMP dan SMA. Semoga guru SD Negeri No. 095175 Parbungaan juga mencari tahu dan memahami bahan-bahan yang
cocok digunakan dengan memanfaatkan media audio visual agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik dan lancer serta tujuan proses pembelajaran dapat tercapai.