PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI 122365

Penulis

  • Sukardo Sitohang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Meriah Kita Deliani Politeknik AMI Medan

Kata Kunci:

hasil belajar, pembelajaran konstruktivisme

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh pendekatan pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 122365. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Karena data yang dikumpulkan berupa angka dan dalam proses pengolahan data dan pengujian hipotesis dengan analisis yang bersesuaian. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Eksperimen Design (eksperimen semu). Jenis penelitian Quasi Eksperimental Design ini mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang memengaruhi pelaksanaan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pengaruh hasil belajar peserta didik yang menggunakan pendekatan konstruktivisme dan yang menggunakan pendekatan konvensional pada pembelajaran tematik subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman di peroleh nilai post tes kelas eksperimen adalah sebesar 85. Untuk uji t pada post-test Eksperimen dan post-test kontrol pada t- hitung sebesar 3,687 dengan signifikansi 0,02 .Nilai t-tabel pada taraf signifikansi 5% adalah 2,101.Jadi nilai thitung .ttabel(3,687 >2,101) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p=0,02<0,05) dan dapat disimpulkan dari pre-test dan post-test kontrol bahwa uji t<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV SD Negeri122365.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-25