PENINGKATAN KEMAMPUAN LITERASI BAHASA INGGRIS DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN STORYTELLING DI SD NEGERI 095175 PARBUNGAAN

Penulis

  • Novra Melisa P. Hutabarat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

Kata Kunci:

Literasi, Bahasa Inggris, Storytelling

Abstrak

Era globalisasi menuntut kita untuk menguasai bahasa Inggris baik secara lisan dan tulisan. Tuntutan tersebut membuat para orang tua berlomba-lomba memasukkan anak mereka ke sekolah yang bertaraf internasional ataupun nasional plus dimana media bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Tak perduli akan kemampuan psikologi bahasa anak, usia anak, pendidikan para pendidik serta metode yang diajarkan, yang penting jika ada lisensi internasional dan berbahasa Inggris maka para orang tua akan puas dan percaya pada pendidikan tersebut. Akibatnya, banyak anak yang frustasi dan stress. Alih-alih bukannya penguasaan bahasa Inggris yang mereka dapatkan, malah menjadi anak karbitan yang terpaksa berbahasa Inggris. Sehingga pelafalan bunyi dan struktur kalimat bahasa yang mereka ucapkan banyak yang salah dan nyeleneh. Sebenarnya, perlu adanya pertimbangan bagi para orang tua untuk memasukkan anak mereka pada pendidikan yang bermedia bahasa Inggris. Usia anak merupakan pertimbangan yang penting dalam pembelajaran bahasa Inggris (bahasa asing). Program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan untuk menumbuhkan minat budaya membaca siswa-siswa terhadap Bahasa Inggris. Para siswa diberikan pelatihan agar dapat menguasai literasi Bahasa Inggris yang di dapatkan melalui materi Storytelling yang di ajarkan. PKM ini juga bertujuan untuk membangun motivasi dan meletakkan dasar literasi berbahasa Inggris yang merupakan asset dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Dalam Pengabdian Masyarakat kali ini, ada 5 tahapan untuk metode yang telah dilalui yang terdiri dari observasi, perencanaan, pelaksanaan, penerapan, dan evaluasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-09