PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA
Kata Kunci:
Quantum Teaching, Kemampuan Pemahaman, Kemampuan KomunikasiAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis mahasiswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 50 orang Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, sedangkan analisis data yang dilakukan dalam penelitian hipotesis adalah korelasi product moment pearson dengan alat pengumpulan data adalah angket untuk Variabel Y (Model Pembelajaran Quantum Teaching) dan Variabel X1 (Kemampuan Pemahaman) serta X2 ( Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa) .Uji statistic yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji statistik Korelasi Product Moment Pearson. Dari hasil pengujian diperoleh pengujian korelasi (r) 0,96 dengan uji determinasi sebesar 92% dan untuk mengetahui signifikan tidaknya koefisien korelasi pada taraf nyata = 0,05 maka diadakan uji “t”. Dari hasil pengujian diperoleh thitung > ttabel (3,19 > 1,67 ), maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat dikemukakan adanya pengaruh model Pembelajaran Quantum terhadap kemampuan pemahaman dan komunikasi matematis mahasiswa