PENGEMBANGAN e-LKPD BERBASIS ETNOSAINS UNTUK MELATIH KETERAMPILAN LITERASI SAINS PADA MATERI ZAT MAKANAN
Kata Kunci:
lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD), etnosains, keterampilan literasi sains, zat makananAbstrak
Pembelajaran yang mengacu pada kebudayaan dapat dikembangkan melalui keterampilan literasi sains. Materi zat makanan dapat melatih literasi sains karena bersifat aplikatif. Untuk itu perlu dikembangkan e-LKPD berbasis etnosains untuk melatih keterampilan literasi sains. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-LKPD berbasis etnosains untuk melatih keterampilan literasi sains peserta didik yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini dilakukan berdasarkan model 4D (define, design, development, dan disseminate). Data diperoleh dengan metode validasi, observasi, tes, dan angket respon. Uji lapangan dilaksanakan pada 20 peserta didik kelas XI IPA 1 SMA Methodist Pematangsiantar. Kevalidan e-LKPD diukur dari hasil validasi oleh validator, kepraktisan e-LKPD diukur dari hasil observasi keterlaksanaan e-LKPD, keefektifan e-LKPD diukur dari hasil pencapaian keterampilan literasi sains dan respon peserta didik. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan validitas e-LKPD 98,37% dengan kategori sangat valid, kepraktisan e-LKPD 97,15% dengan kategori sangat praktis, ketuntasan hasil belajar keterampilan literasi sains 100%dengan kategori sangat efektif, ketercapaian indikator literasi sains sebesar 85,8% dengan kategori sangat baik, serta respon peserta didik 94% dengan kategori efektif. Rata-rata nilai posttest adalah 85 dengan ketuntasan sebesar 100% dan rata-rata N-Gain sebesar 0,75 dengan kategori tinggi.Berdasarkan hasil tersebut e-LKPD dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif sebagai bahan ajar untuk melatihkan keterampilan literasi sains.