MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS TEMATIK DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Pembelajaran TematikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model pembelajaran pendidikan karakter
berbasis tematik di tingkat sekolah dasar. Model pembelajaran terdiri dari perangkat dan
membimbing belajar siswa. Perolehan model dimulai dengan studi literatur, pengamatan
dilakukan selama penelitian ini, analisis kemudian disusun rancangan desain model dan
dilanjutkan dengan pengujian terbatas di sekolah dasar kelas satu. Hasil uji coba, diketahui
bahwa rancangan model yang disiapkan masih perlu disempurnakan, terutama di buku siswa.
Hal ini karena pada saat sidang, pedoman masih belum mampu membimbing siswa dalam
belajar. Kalimat dalam buku ini masih bias. Dalam wawancara, siswa merasa terganggu
memanfaatkan panduan siswa. Selain penggunaan yang tidak biasa serta panduan pengguna
tidak begitu jelas. Tetapi secara keseluruhan, model ini berguna untuk menjadi salah satu
pedoman dalam menentukan langkah-langkah atau kebijakan yang berkaitan dengan
peningkatan kualitas pembelajaran di tingkat sekolah dasar secara khusus bagi siswa kelas
satu.