PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Kata Kunci:
Kreativitas Guru, Pembelajaran Jarak Jauh, Hasil BelajarAbstrak
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru
dalam pembelajaran jarak jauh di masa pandemic covid-19 terhadap hasil belajar IPS.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan teknik Purposive Sampling atau sampel bertujuan yang
teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara mengambil subjek bukan didasarkan atas
strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu sejumlah 50 orang
siswa Kelas XII IPS di SMA Swasta Seminari Christus Sacerdos Pematangsiantar Tahun
Ajaran 2021/2022. Dari hasil analisis data didapatkan output nilai R Square (koefisien
determinasi) sebesar 0,499 x 100 = 49,9% yang artinya pengaruh variabel independen (X)
terhadap variabel (Y) sebesar 49,9%. Dan selebihnya 50,1% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak termaksud pada penelitian ini. Hal ini mengandung arti bahwa pengaruh variabel
X secara simultan adalah sebesar 49,9%. Hasil uji asumsi klasik adalah syarat utama untuk
bisa dilanjutkan ke uji regresi linear sederhana dengan data telah terdistribusi normal dan
tingkat signifikan > 0,05%. Pada variabel kreativitas guru dan hasil belajar siswa telah
berdistribusi normal antar variabel dengan tingkat signifikan 0,537 > 0,05. Hasil uji linearitas
kreativitas guru diperoleh nilai sig. 1,509 < 1,526. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan yang linear antara kreativtas guru terhadap hasil belajar siswa.