PENGARUH STRATEGI INSIDE- OUTSIDE CIRCLE TERHADAP PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR

Penulis

  • BENTENG DAMANIK SD Negeri 125138 Pematangsiantar

Kata Kunci:

Penelitian Tindakan, Hasil Belajar, Strategi Inside-Outside Circle

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pembelajaran yang
dilaksanakan guru dengan menerapkan strategi Inside -Outside Circle Untuk mengetahui
apakah penerapan strategi Inside- Outside Circle Untuk mengetahui bagaimanakah
peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi Inside- Outside Circle pada
pokok bahasan kubus dan balok di kelas VI SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas tiga siklus. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Berdasarkan tes hasil
belajar menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian proses pembelajaran matematika berada
diatas standar yang telah ditetapkan yaitu sebesar 89%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
peningkatan hasil belajar pada pokok bahasan kubus dan balok melalui penerapan strategi
Inside- Outside Circle adalah rata-rata pencapaian hasil belajar siswa setiap siklusnya yaitu
70,42%, 87,33%, dan 95,85%.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-05