PENERAPAN METODE PEMECAHAN MASALAH PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMP NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • BELSASAR SIHOMBING Universitas HKBP Nommensen

Kata Kunci:

Metode, Pemecahan Masalah, Aritmatika Sosial

Abstrak

Dalam proses belajar mengajar, guru harus memiliki strategi agar siswa dapat belajar
efektif, efisien dan mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki
strategi itu adalah harus menguasai metode mengajar. Banyaknya metode mengajar menuntut
seorang guru untuk menguasai dan memilih metode yang tepat sesuai dengan materi
pelajaran, kondisi lingkungan dan siswa itu sendiri. Pemilihan metode mengajar tersebut
bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini terkait upaya
meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode pemecahan masalah pada
pokok bahasan aritmatika sosial di kelas VII SMP Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran
2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Pematangsiantar yang berjumlah 37
orang. Peneliti merancang program pembelajaran, dilaksanakan di kelas dengan pengamatan
dan tes, melakukan refleksi sebagai bahan dasar untuk rancangan pembelajaran berikutnya.
Penelitian di laksanakan dengan tiga putaran, dimana selama dalam penelitian setiap putaran
mengandung sejenis mode tindakan, mode tindakan yang semakin diperbaharui, terdiri dari
tiga putaran. Dari penelitian, ternyata dalam melakukan suatu tindakan baru tidak dapat
langsung diberikan hasil yang diharapkan, tetapi harus melalui masa peralihan dimana terjadi
proses membiasakan hingga terbiasa dan akhirnya mendekati kesempurnaan pencapaian
tujuan. Penelitian ini menunjukkan bahwa metode pemecahan masalah berhasil mengubah
perilaku pasif menjadi aktif yaitu pada pelaksanaan putaran I hingga putaran III siswa-siswa
semakin aktif dalam pokok bahasan aritmatika sosial, meningkatkan prestasi yang dicirikan
dari skor metode pemecahan masalah yang kompetitif. Dengan penelitian selama tiga putaran
dapat dirancang model pemecahan masalah dalam pembelajaran aritmatika sosial di kelas
VII-A SMP Negeri 1 Pematangsiantar yang bersifat kompetitif.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-05