EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMIC COVID-19
Kata Kunci:
Efektivitas, Strategi, Pembelajaran OnlineAbstrak
Perubahan pola pembelajaran saat ini terlihat masi dilakukan disemua jenjang
pendidikan akibat pandemi covid-19. Oleh karena itu, untuk menjadikan proses belajar
mengajar menjadi efektif dan tidak membosankan, maka guru diharuskan untuk
menggunakan strategi-strategi yang tepat saat mengajar terutama pada pembelajaran PKn.
Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran
online yang telah dipilih guru dalam upaya meningkatkan efektifitas proses pembelajaran di
kelas VII SMP Negeri 9 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2021/2022. Untuk mencapai tujuan
di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus.
Instrumen kunci adalah Pembelajaran Online. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data
yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa, strategi yang biasa digunakan adalah penggunaan metode reseptif, inkuiri, jigsaw dan
think pair share, dan proses penerapan strategi yang telah dipilih guru untuk meningkatkan
efektifitas proses pembelajaran online menggunakan beberapa tahap, yakni tahap
perencanaan yaitu membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), tahap pelaksanaan
yakni ada tahap pendahuluan yang mana guru melakukan pengabsenan dan memberikan
stimulus kepada siswa dan tahap inti dimana guru menggunakan berbagai metode
pembelajaran yang telah dipilih seperti metode Vidio based Learning, inquiry.