PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER
Kata Kunci:
Penilaian Autentik, Pendidikan KarakterAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis pendidikan karakter di kelas IV SD Negeri 125138 Pematangsiantar. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R & D) dengan model pengembangan menurut Borg and Gall. Pengembangan instrumen rerata tematik berbasis pendidikan karakter dan dilengkapi dengan instrumen penilaian autentik sikap spiritual dan sikap sosial berbasis pendidikan karakter terbukti efektif. Hasil belajar pretest kelas kontrol dan eksperimen, yaitu pada kelas kontrol 57,16 sedangkan pada kelas eksperimen 60,28. Setelah, dilaksanakan uji coba selama 6 kali pertemuan, nilai rata-rata posttest pada kelompok kontrol dan eksperimen meningkat menjadi 71,36 dan 75,56. Hasil uji t diperoleh nilai thitung = 6,280 dengan taraf signifikansi Sig. (2-tailed) 0,002 < α = 0,05. Aktivitas belajar siswa kelas kontrol mencapai rerata 52% kategori cukup baik dan kelas eksperimen mencapai rerata 88,6% kategori baik. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar siswa lebih tinggi pada kelompok eksperimen. N-Gain yang diperoleh 0,54 yang menunjukkan angka <0,6 yang berarti bahwa sangat efektif.