ANALISIS KREATIFITAS MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATAKULIAH MEDIA PEMBELAJARAN DI UHKBPNP
Abstrak
Penelitian dilakukan berdasarkan pentingnya kreatifitas sebuah media pembelajaran dalam keberhasilan proses pengajaran. Penelitian ditujukan untuk mengetahui kreatifitas mahasiswa dalam membuat media pembelajaran yang efektif sehingga mendukung ketercapaian tujuan pengajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu meneliti sebuah objek. Data yang diteliti adalah hasil pembuatan media pembelajaran dalam bentuk video pada mata kuliah pembelajaran menyimak. Data dianalisis berdasarkan kriteria kreatifitas yang dihubungkan dengan media pembelajaran yang efektif, antara lain dilihat dari segi: 1) ketepatan media dengan tujuan pengajaran; 2) dukungan terhadap isi bahan pelajaran; 3) kemudahan memperoleh media; 4) keterampilan guru dalam menggunakannya; dan 5) sesuai dengan taraf berfikir anak. Dari analisis data tersebut dihasilkan beberapa simpulan, bahwa 1) media dapat digunakan untuk beberapa kompetensi sekaligus dalam satu tema materi. Dengan demikian, akan membantu guru dalam efektivitas alokasi waktu pembelajaran; 2) pembuatan media video dapat membantu guru sebagai fasilitator, sehingga guru lebih terkonsep dalam melaksankan pembelajaran. Hasil pembuatan media pembelajaran video oleh mahasiswa tergolong berhasil karena mahasiswa mampu menghasilkan media yang kreatif yaitu mudah dalam pengoperasiannya, dan menarik dalam tampilannya.