PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN SIKAP POSITIF MAHASISWA TERHADAP MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING
Kata Kunci:
Pemahaman, Sikap positif, Model Pembelaran Creative Problem SolvingAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) Peningkatan kemampuan pemahaman mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving lebih baik daripada kemampuan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran Ekspositori ditinjau dari setiap aspek kemampuan pemahaman, (2) Sikap positif mahasiswa terhadap matematika dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving lebih baik daripada sikap siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran Ekspositori, dan (3) Untuk mengetahui bagaimana aktivitas mahasiswa selama proses pembelajaran berlangsung dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving dan pembelajarannya menggunakan pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Pengambilan populasi tersebut dilakukan secara acak (Cluster Random Sampling). Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) Peningkatan kemampuan pemahaman mahasiswa dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving lebih baik daripada kemampuan pemahaman siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran Ekspositori ditinjau dari setiap aspek kemampuan pemahaman, (2) Sikap positif mahasiswa terhadap matematika dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving lebih baik daripada sikap siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran Ekspositori.