HUBUNGAN KEMANDIRIAN DAN KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR T.A 2020/2021

Penulis

  • Rianita Simamora

Kata Kunci:

Prestasi belajar matematika, Kemandirian belajar, Kedisiplinan belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui adakah hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP. (2) Untuk mengetahui adakah hubungan positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP. (3) Untuk mengetahui adakah hubungan positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan kediplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif, karena dalam penelitian ini akan dicari hubungan kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Teknik korelasi yang digunakan adalah korelasi berganda (multivariat) yaitu untuk mengetahui hubungan dua variabel independen secara bersama-sama atau lebih dengan satu variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR. Instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner merupakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan yang menggunakan model skala bertingkat. untuk mempermudah penyusunan instrumen butir-butir dalam kuesioner terlebih dahulu dilakukan inventarisasi indikator-indikator dari masing-masing variabel. Setelah itu peneliti melakukan uji korelasi sederhana antara variabel kemandirian belajar dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,346 > r tabel 0,266, maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar. Uji korelasi antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar matematika siswa sebesar 0,349 rtabel 0,266, maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kedisiplinan belajar dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar. uji korelasi antara kemandirian belajar dan kedisiplinan belajar sebesar 0,380 rtabel 0,266, maka terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian dan kedisiplinan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-22