Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation terhadap Komunikasi Matematika Siswa
Kata Kunci:
Pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, Kemampuan komunikasi matematika siswaAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah : (1) peningkatan kemampuan penalaran logis matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Pematangsiantar dengan sampel 56 siswa. Penelitian ini merupakan suatu studi eksperimen semu dengan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang mengambil dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan penalaranlogisyang berbentuk uraian. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi dan koefisien reliabilitas. Data dianalisis dengan uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu : (1) peningkatan penalaranlogisi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih tinggi daripada kemampuan penalaranlogis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran ekspositori, (2) proses penyelesaian jawaban yang dibuat siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat dijadikan alternatif bagi guru untuk meningkatkan kemampuan penalaranlogisi matematis siswa.