PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CUPs DENGAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI SEGIEMAPT DI KELAS VII SMP

Penulis

  • Yoel Octobe Purba

Kata Kunci:

hasil belajar matematika, model conceptual understanding procedures (CUPs), model konvensional, Segiempat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model conceptual understanding procedures, (2) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model konvensional, (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar model conceptual understanding procedures dan model konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 4 Pematangsiantar. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling 2 kelas yakni kelas VII-7 dan VII-8 yang masingmasing terdiri dari 40 orang. Dari hasil data penelitian diperoleh dengan menggunakan uji lilliefors disimpulkan bahwa hasil data kedua kelompok berdistribusi normal. Dari hasil uji homogen kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji homogenitas (uji F). Uji homogenitas Fhit < Ftabel (1,064 < 1,67 )dengan α = 0,05. Artinya kedua kelompok sampel homogen. Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata = 83,85 dan simpangan baku = 9,97 untuk kelas eksperimen, serta rata-rata = 75,87 dan simpangan baku = 9,67 untuk kelas kontrol, artinya rata-rata dan standart deviasi siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada standart deviasi siswa di kelas kontrol.. Untuk uji selisih dua rataan diperoleh thit = 3,6302, dengan α = 0,05 dan untuk v = 80 titik kritik thit < –ttabel atau thit > ttabel , ttabel 1,994 ternyata thit berada pada daerah penolakan karena 3,6302 > 1,994, sehingga rataan kedua sampel berbeda secara signifikan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa: ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan diajar model conceptual understanding procedures dengan yang menggunakan model konvensional pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 4 Pematangsiantar. Hal itu dapat diketahui dari hasil rataan skor tes siswa yang menggunakan model conceptual understanding procedures dengan yang menggunakan model konvensional.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-18