IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN BERKOMUNIKASI MATEMATIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UHKBPNP

Penulis

  • Lois Oinike Tambunan

Kata Kunci:

Pembelajaran Kooperatif, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Komunikasi

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematika antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran kooperatif dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional ditinjau dari kemampuan matematika peserta didik; dan (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan berkomunikasi matematika antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran kooperatif dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran matematika secara konvensional ditinjau dari kemampuan matematika peserta didik. Penelitian ini mengambil dua kelas paralel secara acak yang homogen dengan menerapkan pembelajaran yang berbeda. Kelas yang pertama (kelompok eksperiman) diberi perlakuan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran kooperatif dan kelas yang kedua (kelompok kontrol) tidak diberi perlakuan hanya pembelajaran dilakukan secara biasa (konvensional). Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III program studi pendidikan matematika UHKBPNP. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa semester III grup A program studi pendidikan matematika UHKBPNP. Penelitian ini menggunakan Uji-t untuk menguji perbedaan dua rata-rata, sedangkan ANOVA dua jalur digunakan untuk menguji interaksi antara faktor pembelajaran (Kooperatif, Konvensional) dengan faktor kemampuan matematika siswa (tinggi, sedang, rendah).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-18