Analisis Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa dengan Pendekatan Konstruktivisme pada Mata Kuliah Teori Bilangan

Penulis

  • Rani Farida Sinaga
  • Friska B. Siahaan

Kata Kunci:

analisis, matematis, konstruktivisme, teori, bilangan

Abstrak

Penelitian ini mengunakan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yaitu untuk membuat deskripsi yang akurat dan sesuai dengan fakta sebagai gambaran tentang kemampuan matematis mahasiswa dengan pendekatan konstruktivisme pada mata kuliah teori bilangan terhadap mahasiswa semester I tahun akademik 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan matematis mahasiswa dengan pendekatan konstruktivisme pada mata kuliah teori bilangan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal essay tes sebanyak 5 buah. Berasarkan analisis data diperoleh Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) pada taraf kepercayaan 95%, tidak cukup bukti untuk menyatakan bahwa kemampuan pembuktian matematis mahasiswa menggunakan pendekatan konstruktivisme pada mata kuliah teori bilangan melebihi 75% dari kriteria ideal yang ditetapkan; 2) permasalahan-permasalahan yang dihadapi mahasiswa dalam melakukan pembuktian matematis diantaranya yaitu permasalahan dalam membaca dan memahami pembuktian matematis, menyajikan bukti kebenaran suatu pernyataan secara matematis, melakukan pembuktian secara langsung, tak langsung dan mengembangkan argumen matematis untuk membuktikan atau menyangkal suatu pernyataan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-18