PERBEDAAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA YANG MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN METODE EKSPOSITORI PADA MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 5 PEMATANGSIANTAR

Penulis

  • Theresia Monika Siahaan

Kata Kunci:

Kemampuan Penalaran Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan penalaran siswa dengan menggunakan metode pembelajaran problem based learning dengan metode pembelajaran ekspositori pada materi operasi aljabar di kelas VII SMP Negeri 5 Pematangsiantar. Dari hasil data penelitian diperoleh hasil uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors ditemukan bahwa data hasil kedua kelompok berdistribusi normal. Dari hasil uji homogen kelas memiliki varians yang homogen dengan menggunakan uji F. Pada kelas eksperimen didapat L0 = 0,0226 dengan N = 30 dan taraf nyata α = 0,01 dengan menggunakan daftar L = 0,294. Maka L0 > L, sehingga H0 diterima atau sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Pada kelas kontrol didapat L0 = 0,0323 dengan N = 30 dan taraf nyata α = 0,01 dengan melihat daftar didapat L = 0,311. Maka dapat disimpulkan L0 > L, sehingga H0 diterima atau sampel berasal dari populasi berdistribusi normal.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-18