PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MENGAPLIKASIKAN KONSEP MATEMATIKA

Penulis

  • Lois Oinike Tambunan

Kata Kunci:

Pembelajaran Kontekstual, Kemampuan Mengaplikasikan Konsep Matematika

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Membandingkan peningkatan kemampuan mengaplikasikan
konsep matematika siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan
siswa yang belajar dengan pembelajaran biasa (konvensional), (2) Menelaah perbedaan
ketuntasan belajar klasikal dalam aspek kemampuan mengaplikasikan konsep matematika
pada siswa yang belajar dengan pendekatan pembelajaran kontekstual dan siswa yang belajar
dengan pembelajaran biasa (konvensional), (3) Mengetahui sikap siswa terhadap pendekatan
pembelajaran kontekstual. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa kelas X
SMK Swasta Pembaharuan Pematangsiantar. Analisis data dilakukan dengan Anava dua
jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa yang memperoleh pembelajaran
melalui pendekatan pembelajaran kontekstual mengalami peningkatan kemampuan
mengaplikasikan konsep matematika yang lebih baik dibanding siswa yang belajar melalui
pembelajaran biasa (konvensional), (2) Ketuntasan belajar secara klasikal pada aspek
kemampuan mengaplikasikan konsep matematika siswa yang memperoleh pembelajaran
melalui pendekatan pembelajaran kontekstual tidak berbeda secara signifikan dengan siswa
yang memperoleh pembelajaran melalui pembelajaran biasa (konvensional). (3) Siswa
menunjukkan sikap positif terhadap pendekatan pembelajaran kontekstual yang diberlakukan
pada mereka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-08-18